03 November 2010

MAKAN SESUAI KEBUTUHAN, TIDAK BERLEBIHAN

Makanlah makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi.

Energi dan tenaga dapat diperoleh dari makanan sumber karbohidrat, lemak serta protein. Energi dibutuhkan untuk metabolisme dasar (seperti untuk menghasilkan panas tubuh serta kerja organ-organ tubuh) dan untuk aktivitas sehari-hari seperti belajar, bekerja serta berolah raga. Kelebihan energi akan menghasilkan obesitas, sementara kekurangan energi dapat menyebabkan marasmus.

 

Membatasi makanan cepat saji.

Makanan cepat saji pada umumnya lebih menekankan pada aspek rasa atau cita rasa tinggi tanpa memperhatikan kandungan gizi bahkan kandungan zat-zat berbahaya dalam makanan. Makanan ini pada umumnya mengandung unsur gizi yang tertentu saja seperti lemak atau karbohidrat yang ditambahi dengan zat-zat perasa dan pewarna buatan, sehingga apabila mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat menimbulkan masalah-masalah kesehatan di kemudian hari seperti obesitas, kerusakan sel, dan terjadinya kanker pada berbagai jaringan tubuh.

 

Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.

Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan manis sebaiknya dikonsumsi dengan memperhatikan azas tepat waktu, tepat indikasi dan tepat jumlah. Makanan ini sebaiknya dimakan pada siang hari ketika kita akan atau sedang melakukan aktivitas dan jumlahnya tidak melebihi 3-4 sendok makan gula/hari. Karbohidrat kompleks sebaiknya dikonsumsi bersama makanan yang merupakan sumber unsur gizi lain seperti protein, lemak/minyak, vitamin dan mineral. Seyogyanya 50-60% dari kebutuhan energi diperoleh dari karbohidrat kompleks

 

Menghindari minum bir, anggur, atau minuman beralkohol.

Alkohol bersama-sama rokok dan obat-obatan terlarang lainnya harus dihindari karena dapat membawa risiko untuk terjadinya berbagai penyakit degeneratif, vaskuler dan kanker. Minumlah air bersih, aman dan cukup jumlahnya. Air minum harus bersih dan bebas kuman. Minumlah air bersih sampai 2 liter per hari sehingga metabolisme tubuh kita bisa berjalan lancar mengingat air sangat dibutuhkan sebagai pelarut unsur gizi bagi keperluan metabolisme tersebut. konsumsi air yang cukup dapat menghindari dehidrasi dan akan menurunkan resiko infeksi serta batu ginjal.

 

Lakukan kegiatan fisik atau olah raga yang teratur.

Kegiatan itu akan membantu mempertahankan berat badan normal disamping meningkatkan kesegaran tubuh, memperlancar aliran darah dan mencegah osteoporosis khususnya pada lansia.

 

Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.

Makanan yang tidak tercemar, tidak mengandung kuman atau parasit lain, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan makanan yang diolah dengan baik sehingga unsur gizi serta cita rasanya tidak rusak, merupakan makanan yang aman bagi kesehatan.

 

Bacalah label pada makanan yang dikemas.

Label pada makanan kemasan harus berisikan tanggal kadaluwarsa, kandungan gizi dan bahan aktif yang digunakan. Konsumen yang berhati-hati dan memperhatikan label tersebut akan terhindar dari makanan rusak, tidak bergizi dan makanan berbahaya. Selain itu, konsumen dapat menilai halal tidaknya makanan tersebut

3 komentar:

Obat Herbal Eksim mengatakan...

Terimakasih atas informasinya gan sangat membantu, jangan lupa silahkan mampir dulu ke website kami .....


Penyakit Eksim
Ciri Penyakit Eksim
Penyakit Eksim Basah
Penyakit Eksim Kering Pada Kulit
Penyakit Eksim atau Dermatitis

obat eksim mengatakan...


Infonya Sangat bermanfaat Gan, Silahkan berkunjung ke website kami.........

Obat Untuk Penyakit Eksim
Salep Eksim Basah
Mengobati Penyakit Eksim
Obat Untuk Penyakit Eksim
Pengertian Penyakit Eksim

MakaNasi mengatakan...

Bener banget, kita harus memperhatikan masalah kesehatan khususnya soal makanan. Salah satu solusinya dengan menananam jenis tanaman obat keluarga di sekitar rumah.